Uji Tingkat Kesukaan terhadap Dua Produk Nugget Hasil Olahan Ampas Tahu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap
pengolahan ampas tahu menjadi produk olahan pangan nugget dan perubahan
pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan ampas tahu menjadi produk
olahan pangan nugget setelah dilakukan penyuluhan tentang pengolahan ampas
tahu menjadi nugget. Metode penelitian yaitu metode eksperimental dan metode
penelitian deksriptif menggunakan dua pendekatan yaitu melakukan uji hedonik
diukur berdasarkan tingkat kesukaan pada aroma, rasa dan teksturnya
berdasarkan perbedaan komposisi bahan pada 2 perlakuan yang berbeda.
pembuatan nugget ampas tahu. Uji hedonic menggunakan panelis tidak terlatih
yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang berjenis kelamin laki-laki dan
15 orang berjenis kelamin perempuan. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa
panelis lebih menyukai aroma nugget dengan tambahan sayur (skor 91),
sedangkan untuk rasa nugget ampas tahu, panelis lebih menyukai nugget dengan
tambahan sayur (skor 90). Untuk tekstur, para panelis menyukai kedua nugget,
baik dengan tambahan sayuran ataupun tidak. Dari hasil evaluasi menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata tingkat pengetahuan sasaran penyuluhan
sebesar 19,34 poin karena dari kriteria cukup menjadi berpengetahuan baik. Nilai
efektifitas penyuluhan pada aspek pengetahuan masyarakat yaitu 72,52 %
termasuk dalam kategori efektif.